“Keterlibatan Komunitas: Dinas Kominfotik NTB Menghimpun Masukan Masyarakat Desa Midang, Lombok Barat, Setiap Jumat”

Lombok Barat – Pada tanggal 24 November 2023, Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Kominfotik) Nusa Tenggara Barat (NTB) merangkul aspirasi masyarakat Desa Midang, Kecamatan Gunungsari, Lombok Barat dalam acara “Jum’at Salam.” Selain menjumpai warga setempat, tim dari Dinas Kominfotik NTB juga mengunjungi berbagai Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang tersebar di desa tersebut.

Sekretaris Dinas Kominfotik NTB, Eni Suryani, yang mewakili Kepala Dinas, mengungkapkan bahwa berbagai aspirasi masyarakat yang terhimpun akan disampaikan kepada instansi terkait untuk segera ditindaklanjuti. Langkah ini sejalan dengan arahan Penjabat Gubernur NTB, H. Lalu Gita Ariadi, dalam program “Jum’at Salam,” yang bertujuan untuk bertemu langsung dengan masyarakat guna menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi.

“Sesuai dengan amanat Pak Pj Gubernur, kami hadir di sini untuk menjumpai masyarakat secara langsung,” ungkap Eni Suryani saat kunjungan di salah satu rumah warga, yakni Hayatun Muhammad, yang berkecimpung dalam usaha beternak madu trigona di pekarangannya.

Dalam kunjungan tersebut, Kepala Dusun Penanggak Desa Midang, H. Masrun, menyampaikan permasalahan yang masih menghantui wilayahnya. Talud di Dusun Penanggak yang rusak sejak tahun 2018 akibat gempa, hingga kini belum mendapatkan perbaikan yang memadai. Kadus mengkhawatirkan potensi ambruknya talud tersebut dapat menyebabkan kerugian besar, termasuk risiko korban jiwa.

“Kami berharap segera diperbaiki karena takutnya badan jalan ikut ambruk dan memakan korban,” papar H. Masrun.

Tidak hanya permasalahan infrastruktur, Sartini, seorang pelaku UMKM kerupuk gurih, juga menyuarakan aspirasinya. Ia berharap mendapatkan pelatihan dan bantuan usaha dari pemerintah untuk mengembangkan usahanya yang sudah dijalankan sejak tahun 2018. Dengan 10 karyawan yang bekerja di usahanya, Sartini berharap dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

“Saya berharap ada bantuan dari pemerintah,” ungkap Sartini.

Selain mengunjungi lokasi talud yang bermasalah dan berinteraksi dengan pelaku UMKM, tim dari Dinas Kominfotik NTB juga menggelar shalat Jumat bersama di Masjid Desa Midang. Program “Jum’at Salam” diharapkan akan terus dilakukan ke depannya sebagai langkah konkret pemerintah untuk menjadi lebih dekat dengan masyarakat dan menjembatani solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi oleh mereka. Program ini mencerminkan komitmen pemerintah NTB dalam membangun koneksi erat antara pemerintah dan masyarakat demi kemajuan bersama.