“Fokus Pleno Dewan SDA: PJ Gubernur NTB Garis Bawahi Kelestarian Sumber Air”

Mataram – Drs. H. Lalu Gita Ariadi,. M.Si, atau yang akrab disapa Miq Gite sebagai Penjabat Gubernur NTB, mengambil peran sentral dalam membuka Sidang Pleno Dewan Sumber Daya Air (SDA) Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dalam pembukaannya, Miq Gite menegaskan urgensi pembahasan mengenai ketersediaan dan kelestarian air untuk masyarakat NTB.

Berbicara di Aston Inn Hotel Mataram pada Rabu, (15/11/2023), Miq Gite menyampaikan kecemasan bersama terkait kekurangan air di beberapa wilayah Provinsi NTB. Ia menjadikan sidang pleno sebagai wadah penting untuk merumuskan langkah-langkah strategis guna menjaga sumber daya air di daerah tersebut.

“Saya hadir pagi ini karena acara ini sangat penting, untuk memastikan ketersediaan sumber daya air bagi masyarakat kita,” ungkap Miq Gite.

Pemimpin sementara NTB ini melihat peran Dewan SDA sebagai kunci strategis dalam menjamin ketersediaan dan kelestarian air. Oleh karena itu, ia menekankan perlunya langkah strategis dari dewan tersebut, termasuk mengajak kerjasama lintas sektoral dalam menangani permasalahan ketersediaan air dari hulu hingga hilir.

“Dewan sumber daya air harus memiliki langkah strategis, mengajak semua lintas sektoral untuk memastikan ketersediaan dan kelestarian kebutuhan air bagi masyarakat,” tegas Penjabat Gubernur Miq Gite.

Dalam kesempatan yang sama, Miq Gite juga menyoroti keadaan hutan di Pulau Sumbawa. Ia meminta Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi untuk lebih memperhatikan kondisi hutan, memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan, dan tetap berkoordinasi dengan pihak terkait.

“Kadis DLHK harus lebih memperhatikan kondisi hutan di Pulau Sumbawa dan menjalin koordinasi dengan pihak terkait untuk membawa dampak nyata bagi kebutuhan masyarakat,” pintanya.

Miq Gite berharap bahwa apa yang disampaikannya dapat menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi Dewan SDA dalam menjalankan tugasnya di tahun 2024.

“Mudah-mudahan apa yang disampaikan tadi dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi Dewan SDA di tahun 2024,” harapnya, sambil menutup pembukaan Sidang Pleno Dewan SDA.