“Eksplorasi Tim Jum’at Salam: Mengungkap Potensi Desa Olat Rawa di Sumbawa”

Sumbawa – Tim Jum’at Salam dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfotik) NTB melakukan kunjungan ke Desa Olat Rawa, Kecamatan Moyo Hilir, Kabupaten Sumbawa pada tanggal 3 November 2023. Program Jum’at Salam merupakan bagian dari inisiatif “NTB Maju Melaju” yang dicanangkan oleh Penjabat Gubernur NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si.

Kepala Diskominfotik NTB, Dr. Najamuddin Amy, M.M., menjelaskan bahwa program Jum’at Salam merupakan inisiatif dari Pj. Gubernur NTB dengan jargon NTB Maju Melaju. Tujuan dari program ini adalah turun langsung ke desa-desa untuk mengatasi berbagai permasalahan bersama 46 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Provinsi NTB. Salah satunya adalah Dinas Kominfotik yang memilih Desa Olat Rawa sebagai lokasi kunjungan.

Kepala Desa Olat Rawa, dalam keterangan kepada tim Jum’at Salam, menyatakan bahwa desanya memiliki potensi yang luar biasa dan beragam, termasuk sektor pertanian, peternakan, nelayan, pengolahan rumput laut, dan lain sebagainya. Hal ini menciptakan sirkulasi ekonomi yang kuat di desa tersebut.

“Kami ingin bertemu dengan para nelayan dan ibu-ibu yang terlibat dalam pengolahan rumput laut, karena Bank NTB Syariah memiliki program Jambatan Sejahtera yang dapat dikoordinasikan dengan potensi desa,” ungkapnya.

Dr. Najamuddin menambahkan bahwa tim Jum’at Salam juga akan memeriksa jaringan telekomunikasi yang masih menjadi kendala, terutama di wilayah terisolir. Selain itu, aspirasi masyarakat akan segera dicatat dan dikoordinasikan dengan dinas terkait, baik di tingkat kabupaten maupun provinsi, bahkan lembaga kementerian vertikal di daerah.

Kepala Desa Olat Rawa, Drs. Hasanuddin, menyampaikan terima kasih atas kunjungan tim Jum’at Salam ke desanya. Ia berharap program ini dapat menghasilkan solusi yang segera diimplementasikan untuk kemajuan desa.

Desa Olat Rawa memiliki potensi dalam bidang pertanian dan peternakan, namun juga menghadapi beberapa kendala. Dengan dukungan dari program Jum’at Salam, diharapkan potensi-potensi ini dapat dioptimalkan dan permasalahan yang ada segera ditindaklanjuti.

Kunjungan ini melibatkan Kepala Dinas dan Sekretaris Diskominfo Kabupaten Sumbawa, perangkat desa, tokoh masyarakat, pemuda, dan warga masyarakat Desa Olat Rawa. Ini adalah langkah konkret untuk mendekatkan pemerintah dengan masyarakat desa dan merespons kebutuhan serta potensi lokal.