Peringatan Hari Santri Nasional 2023: Pj Sekretaris Daerah NTB Mendorong Sikap Toleransi

Mataram, NTB (Liputan Lombok) – Drs. H. Fathurrahman, M.Si, yang menjabat sebagai Sekretaris Daerah Penjabat Provinsi NTB, turut serta dalam Upacara Peringatan Hari Santri Nasional yang digelar di Asrama Haji, Mataram, pada Minggu, 22 Oktober 2023.

Dalam peringatan Hari Santri ini, Pj. Sekda NTB menggarisbawahi pentingnya sikap toleransi, baik di kalangan santri, umat Islam, maupun masyarakat umum.

“Penghargaan Hari Santri dirayakan dengan tujuan untuk memupuk sikap moderat dan toleransi, baik di kalangan santri, umat Islam, maupun seluruh masyarakat. Selamat memperingati Hari Santri 2023 dengan semangat ‘Jihad Santri Jayakan Negeri’,” pesan Fathurrahman.

Upacara peringatan Hari Santri di NTB melibatkan seluruh santri dari madrasah, baik yang berasal dari sekolah negeri maupun swasta di Kota Mataram. Inspektur Upacara dalam peringatan Hari Santri Nasional di Kementerian Agama NTB adalah H. Zamroni Azis, SHI, MH, yang menjabat sebagai Kepala Kanwil Kementerian Agama NTB.

Selain itu, para santri dari berbagai madrasah di Kota Mataram ditugaskan sebagai petugas upacara.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Forkopimda NTB, Kabinda, anggota DPR RI dari Komisi VIII dapil NTB, pejabat Eselon III di lingkup Kementerian Agama NTB, Kepala Madrasah, pengawas, penyuluh, dan sejumlah peserta lainnya.

Dalam amanatnya, Inspektur Upacara menekankan bahwa pemimpin-pemimpin bangsa lahir dari kalangan santri dan pondok pesantren. Oleh karena itu, bagi para santri, NKRI adalah harga mati.

“Ikhtiar para santri inilah yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia,” ungkapnya.

Kepala Kanwil Kementerian Agama NTB, H. Zamroni Azis, juga mengingatkan para santri untuk selalu melakukan tindakan yang baik yang mengarah pada cinta tanah air Indonesia. Ia menekankan bahwa kepemimpinan bangsa akan diteruskan melalui tangan-tangan mereka.