Kerjasama Indonesia-Singapura dalam Memperkuat SDM Menghadapi Era Digitalisasi

Mataram – Pada Rabu (03/01/2024), Sekretaris Pertama Kedutaan Republik Singapura di Jakarta, Mr. Andrew Leung, bertemu dengan Kepala Dinas Kominfotik NTB, Dr. Najamudin Amy, S.Sos.,M.M. Dalam pertemuan tersebut, keduanya membahas kerjasama yang melibatkan penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menghadapi dampak era digitalisasi yang telah merambah seluruh sektor kehidupan manusia.

Menurut Mr. Andrew Leung, Indonesia, khususnya NTB, telah menunjukkan kemajuan yang pesat dalam penggunaan dan penguasaan internet. Keberlanjutan pembangunan ini diarahkan ke pemanfaatan SDM untuk meningkatkan produktivitas, dan Singapura berkomitmen untuk mendukung peningkatan pendapatan masyarakat melalui pemanfaatan teknologi. “Kami sangat konsen dalam memanfaatkannya untuk peningkatan pendapatan masyarakat,” ujarnya.

Kedua belah pihak sepakat untuk menjalin kerjasama dalam memperkuat SDM NTB, terutama dalam pemahaman tentang digitalisasi dan keamanan digital. Mr. Andrew Leung menyoroti pentingnya mengirimkan anak-anak muda, mahasiswa, dan pegawai pemerintah NTB untuk melihat langsung pemanfaatan internet di Singapura. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan tentang keamanan digital di kalangan SDM NTB.

Dr. Najamudin Amy menambahkan bahwa sejak pandemi, NTB telah mulai menjajaki dunia digital, termasuk UMKM yang ikut beradaptasi dengan kemajuan teknologi. Keamanan digital menjadi fokus utama pemerintah provinsi, dan pelatihan intensif serta kerjasama dengan berbagai pihak dianggap penting. NTB telah mendapat penghargaan atas tata kelola pemerintahan berbasis elektronik.

“Pemerintah Provinsi NTB sangat membuka diri terhadap kerjasama yang diusulkan oleh Mr. Andrew Leung. Kerjasama ini diharapkan dapat membantu meningkatkan SDM, terutama di kalangan pemuda dan pegawai pemerintah,” ungkap Dr. Najam.

Dalam menghadapi perubahan ini, Dr. Najam menyampaikan harapannya agar pihak Singapura dapat memfasilitasi berbagai program penguatan kapasitas SDM yang melibatkan masyarakat NTB. “Harapan kami dapat difasilitasi pada berbagai program yang dapat meningkatkan SDM pada penguasaan digital,” tutupnya.

Andrew Leung, melihat karakteristik khas NTB dengan bahasa, budaya, dan semangat belajar SDM yang tinggi, berencana membuat nota kesepakatan dengan NTB dalam program-program digitalisasi yang telah berhasil di Singapura. “Saat ini, kami sangat mendorong masyarakat Singapura untuk menjajaki peluang di dunia internet. Kerjasama kedepannya akan kita pelajari untuk mencapai kesepakatan bersama,” ujarnya penuh semangat.