Menyambut Tahun 2024, PJ SEKDA NTB Pastikan SIMASKOT Dorong Capaian Target Indeks Kepuasan Masyarakat

Mataram,  NTB – Penjabat Gubernur NTB, H. Fathurrahman, M.Si, turut hadir dan membuka kegiatan Sosialisasi Peraturan Gubernur (Pergub) 94 tahun 2023 dan Bimbingan Teknis (Bimtek) pengelolaan portal SIMASKOT Melaju. Acara ini diselenggarakan oleh Biro Organisasi Setda Provinsi NTB pada Rabu (20/12).

SIMASKOT, yang merupakan kependekan dari Survei Kepuasan Masyarakat Online Terintegrasi, adalah portal layanan digital yang dirancang untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat sekaligus mendukung peningkatan kualitas pelayanan publik. Dengan prinsip transparansi, partisipatif, akuntabel, berkesinambungan, berkeadilan, dan netral, SIMASKOT diharapkan dapat memberikan gambaran yang akurat terkait kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik.

Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) NTB menyampaikan bahwa kehadiran SIMASKOT mempermudah pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dan menjadi tolak ukur bagi pemerintah dalam melakukan evaluasi, perbaikan, dan penyempurnaan kualitas pelayanan publik. Beliau menekankan pentingnya adanya ukuran evaluasi yang dapat mengarah pada peningkatan kualitas pelayanan agar masyarakat dapat merasakan dampak positifnya.

“Hadirnya SIMASKOT dapat memberikan jawaban, sehingga kita pada akhirnya punya ukuran dalam kaitan untuk evaluasi dan melakukan perbaikan, penyempurnaan untuk masyarakat yang lebih baik kedepannya, sehingga nantinya di tahun 2024 IKM mencapai yang kita harapkan,” ungkap Pj Sekda NTB.

Lebih lanjut, Pj Sekda NTB menegaskan bahwa interaksi pemerintah dengan masyarakat harus terus terjalin, terutama dalam sektor pendidikan, kesehatan, dan sebagainya. Dalam konteks ini, SIMASKOT menjadi alat penting untuk memudahkan pengiriman informasi dan penerimaan umpan balik dari masyarakat.

“Artinya, Pemerintah hadir di tengah-tengah masyarakat, tidak hanya mengandalkan sistem kerja yang struktural di dalam kantor, tetapi juga bagaimana cara menginformasikan melalui sistem yang tersedia,” tutur Pj Sekda NTB.

Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi NTB, Dr. Nursalim, S.Sos.,MM, menjelaskan bahwa Biro Organisasi Setda Provinsi NTB bersama Dinas Kominfotik NTB telah menggagas agar semua perangkat daerah memiliki standar pelayanan. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa setiap perangkat daerah memiliki tanggung jawab dalam memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Survey kepuasan masyarakat melalui SIMASKOT dianggap sebagai variabel atau indikator penting dalam memberikan kepuasan kepada masyarakat, sehingga kehadiran pemerintah dapat dirasakan secara nyata oleh masyarakat.

Dengan kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis ini, diharapkan pengelolaan portal SIMASKOT Melaju dapat dilakukan secara optimal, memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat, dan membantu pemerintah dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di NTB.