Pj Gubernur NTB Terapkan Jumat Salam untuk Wujudkan RS Mandalika sebagai Green Hospital

Lombok Tengah – Pj. Gubernur NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si, secara tegas mendukung implementasi konsep Green Hospital di Rumah Sakit Mandalika Provinsi NTB. Green Hospital, sebuah inovasi perancangan dan manajemen rumah sakit, mengarahkan peran rumah sakit sebagai bangunan berwawasan lingkungan, menjawab tuntutan layanan paripurna, serta berbasis kenyamanan dan keamanan lingkungan.

“Green Hospital. Rumah sakit Mandalika, sejak awal terbentuk, merupakan bagian integral dari kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika. Dengan berbagai atraksi pariwisata dan lainnya, KEK Mandalika menarik banyak orang, dan dukungan layanan kesehatan yang diberikan oleh rumah sakit Mandalika sangat penting. Oleh karena itu, rumah sakit ini harus berperan besar dalam mendukung pengembangan Sport Tourism yang dikembangkan di Nusa Tenggara Barat,” ungkap Miq Gite, sapaan akrab Pj. Gubernur NTB, di RS Mandalika pada Jumat (22/12).

Pj. Gubernur NTB mengapresiasi pencapaian Rumah Sakit Mandalika yang baru beroperasi dua tahun, namun telah berhasil bertransformasi menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) pada tahun 2023. RS Mandalika juga telah melayani pasien BPJS dan meraih akreditasi paripurna.

“Bagi seluruh petugas layanan di RS Mandalika, target tahun 2024 adalah memberikan layanan terbaik kepada setiap masyarakat yang membutuhkan. Semoga RS Mandalika menjadi kebanggaan di masa yang akan datang,” harap Miq Gite dengan optimisme.

Direktur RS Mandalika, dr. Oxy Tjahjo Wahjuni, SP.EM, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan bagian dari peringatan Hari Ulang Tahun Nusa Tenggara Barat yang ke-65, serta sebagai bagian dari kegiatan Jum’at Salam. “Terima kasih atas kegiatan penanaman pohon yang dilakukan oleh Pj. Gubernur NTB, Bupati Lombok Tengah yang diwakili Sekda Lombok Tengah, para kepala perangkat daerah Provinsi NTB di RS Mandalika, khususnya Balai Pengelolaan DAS dan HL Dodokan Moyosari NTB yang memberikan puluhan bibit tanaman obat dan buah. Hari ini, ikhtiar penghijauan di RS Mandalika berjalan lancar. Puluhan bibit tanaman buah dan obat telah ditanam, dan belasan lainnya diserahkan kepada masyarakat melalui Kepala Desa Sengkol sebagai desa binaan RS Mandalika dalam rangka Jum’at Salam,” terang Direktur RS Mandalika.

Acara ini dihadiri oleh sejumlah pejabat, termasuk Asisten III Setda NTB, Sekda Kabupaten Lombok Tengah, Direktur RSUD Provinsi NTB, Direktur RSJ Mutiara Sukma, Direktur RS Mata Provinsi NTB, Kades Sengkol beserta jajaran, dan tokoh pemuda setempat.