“Prestasi Gemilang: Pemprov NTB Raih Penghargaan Digital Terbaik di Tahun 2023”

Jakarta, Diskominfotik NTB – Pada Senin (04/12), Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) meraih prestasi gemilang dengan menyabet 3 Top Digital Awards 2023 dalam acara yang diselenggarakan oleh Majalah ItWorks, bekerja sama dengan sejumlah asosiasi IT & TELCO Indonesia. Bertempat di Dian Ballroom, Raffles Hotel Jakarta, penghargaan tersebut bertemakan “IT Governance and Cyber Security in Innovation of Business and Services.”

TOP DIGITAL Awards merupakan kegiatan penilaian dan pemberian penghargaan tertinggi di Indonesia, diberikan kepada perusahaan dan instansi pemerintahan yang berhasil mengimplementasikan dan memanfaatkan teknologi digital dengan baik. Tujuan dari penghargaan ini adalah untuk meningkatkan kinerja, layanan, inovasi, daya saing bisnis, serta layanan kepada masyarakat dan konsumen.

Prestasi yang diraih oleh Provinsi NTB mencakup Top Leader On Digital Implementation 2023 yang diterima oleh Penjabat Gubernur NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si. Selanjutnya, Top CIO On Digital Implementation 2023 berhasil diraih oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi NTB, Dr. Najamuddin Amy, S.Sos., MM. Terakhir, Top Digital Implementation 2023 #Star 4 diraih oleh Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi NTB.

Kepala Diskominfotik NTB, Dr. Najamuddin Amy, S.Sos., MM, yang mewakili Pj Gubernur NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, menyatakan bahwa pencapaian ini dapat terwujud berkat dukungan dan sinergitas seluruh pemangku kepentingan di Provinsi NTB.

“Alhamdulillah, dukungan regulasi yang lengkap dari Perda dan Pergub terkait komitmen kebijakan pimpinan Pemprov NTB dalam mendukung transformasi digital sehingga Bapak Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si Pj. Gubernur NTB mendapatkan Top Leader Digital Award 2023,” ungkap Dr. Najam.

Tahapan TOP DIGITAL Awards 2023 melibatkan berbagai proses, mulai dari pengembalian formulir finalis, wawancara penjurian pada tanggal 6 Oktober 2023, hingga sidang dewan juri untuk penentuan penerima penghargaan pada tanggal 21 Oktober 2023. Dr. Najam, sebagai Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik NTB, telah mempresentasikan upaya yang dilakukan oleh Pemprov NTB di hadapan tim dewan juri yang terdiri dari para pakar dan penilai berbagai kalangan.

Beberapa juri yang terlibat dalam proses penilaian antara lain Prof. Dr. Ir. R. Eko Indrajit, M.Sc., MBA., Mphil., MA, seorang pakar TI/APTIKOM, dan Prof. Dr.-Ing. Ir. Kalamullah Ramli, M.Eng., Dewan Pengawas IDPRO. Ketua Dewan Juri tahun ini adalah Prof. Dr. rer. nat. Achmad Benny Mutiara, Q. N. SSi, S.Kom, Ketua Umum Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM).

Pencapaian luar biasa ini tidak hanya mencerminkan komitmen Pemerintah Provinsi NTB dalam mendorong transformasi digital tetapi juga menunjukkan bahwa sinergi antara pemerintah dan stakeholder dapat menghasilkan inovasi yang signifikan dalam pemanfaatan teknologi digital untuk kemajuan daerah dan masyarakat.