NTB Mendukung Publikasi PON XXI Aceh Sumut 2024

NTB – Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Nusa Tenggara Barat, Dr. Najamuddin Amy, SSos, MM, menyatakan komitmennya untuk mendukung publikasi terkait penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh dan Sumut pada tahun 2024.

“NTB siap memberikan dukungan dalam hal publikasi dan penyebarluasan informasi mengenai PON XXI yang akan berlangsung di Aceh dan Sumut,” ungkapnya setelah mengikuti Zoom Meeting tentang Publikasi dan Diseminasi Penyelenggaraan PON XXI di kantor Dinas Kominfotik, Mataram, pada Rabu (4/9).

Dalam rapat tersebut, yang dipimpin oleh Pelaksana Harian (Plh) Kepala Pusat Penerangan Kemendagri, Aang Wirasta Rofik, disebutkan bahwa Kemendagri telah melakukan berbagai upaya untuk memastikan kesuksesan acara olahraga empat tahunan ini. Salah satu langkah yang diambil adalah dengan mengeluarkan Surat Edaran (SE) Mendagri tanggal 5 Agustus 2024 yang meminta dukungan dari gubernur, bupati, dan wali kota untuk PON XXI.

“Dukungan tersebut meliputi publikasi di seluruh provinsi dan kabupaten/kota, persiapan atlet untuk berkompetisi, serta dukungan lainnya,” kata Aang. Ia juga mengundang media massa untuk turut berperan dalam publikasi PON XXI.

Di sisi lain, Tirto Prima Putra, Ketua Bidang Media dan Humas Panwasrah PON XXI Wilayah Aceh, mengungkapkan bahwa sekitar 563 jurnalis telah mendaftar untuk meliput acara di Aceh. “MNC TV akan menyiarkan pertandingan sepak bola, voli, biliar, dan kickboxing secara langsung, sementara TVRI akan menyiarkan karate, wushu, dan bulutangkis,” jelas Tirto.

Tirto menambahkan bahwa meskipun beberapa cabang olahraga memiliki hak siar khusus, media tetap diperbolehkan untuk meliput dan mengambil cuplikan gambar/video. Ia juga mengajak semua pihak untuk bekerja sama dengan narasi yang sama, yaitu menjadikan PON sebagai puncak olahraga nasional, memperkuat kebersamaan dalam meraih prestasi tertinggi, serta mencapai sukses dalam penyelenggaraan, prestasi, administrasi, ekonomi, dan publikasi PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Sementara itu, Raja Pane, Ketua Panwasrah KONI Pusat Bidang Humas Wilayah Sumut, memastikan bahwa Media Center Utama akan berlokasi di Hotel Santika, Medan, serta akan ada media center di berbagai venue dengan fasilitas lengkap untuk peliputan PON XXI. Ilyas Sitorus, Kepala Dinas Kominfo Sumut dan Ketua Bidang Humas, Publikasi, Informasi, dan Teknologi PB PON Sumut, menambahkan bahwa terdapat 20 media center di 38 venue di Sumut yang terhubung dengan media center di Aceh.

Rapat koordinasi ini juga dihadiri oleh Dinas Dispora NTB dan perwakilan dari dinas terkait di kabupaten/kota se-NTB serta daerah peserta PON XXI Aceh-Sumut.