Tingkatkan Kualitas Pembelajaran, Pemprov NTB Bekerja Sama dengan PT. My Icon Technology, Acer, Google for Education, dan Hallo Indonesia Teknologi

Mataram – Pemerintah Provinsi NTB telah menjalin kerjasama dengan PT. My Icon Technology, bersama dengan Acer, Google for Education, dan Hallo Indonesia Teknologi, untuk menyelenggarakan “Lokakarya Pemanfaatan Teknologi dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru dan Murid” yang dilaksanakan di Hotel Santika pada Selasa (03/09).

Drs. H. Fathurrahman, M.Si, Asisten I Setda Provinsi NTB, menyatakan bahwa pendidikan adalah kunci utama dalam pengembangan sumber daya manusia, yang memerlukan adaptasi terhadap kemajuan dunia digital yang terus berkembang.

“Dunia digital saat ini mengubah cara hidup kita, dengan handphone menjadi alat yang sangat penting. Program pendidikan kini tersedia di berbagai platform,” jelasnya.

Ia juga menambahkan bahwa proses pendidikan di Indonesia sedang mengalami pergeseran menuju pembelajaran digital. Perubahan ini memotivasi setiap institusi pendidikan untuk membangun kerjasama melalui berbagai sarana dan fasilitas yang ada.

“Ini adalah bentuk kolaborasi yang kita harapkan dapat memberikan kontribusi besar bagi NTB,” katanya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB, DR. H. Aidy Furqan, M.Pd, menjelaskan bahwa acara ini merupakan respon terhadap kebijakan digitalisasi yang diterapkan oleh Kemendikbud.

“Diharapkan kegiatan ini dapat membantu dalam membangun manajemen mutu untuk meningkatkan kualitas sekolah kita,” ujarnya.

Sementara itu, Ganis Muharyono, Strategic Partner Manager Google For Education Indonesia, mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan riset di 24 negara dengan melibatkan 94 ahli selama dua tahun.

“Kami telah melakukan riset yang menunjukkan bahwa di dunia pendidikan, ada peningkatan kebutuhan untuk menjadi pemecah masalah global, membuat pembelajaran lebih personal, meningkatkan kemampuan belajar, dan mengevaluasi kemajuan siswa,” terangnya.