Pj Ketua Dekranasda NTB Ikuti Rakernas Dewan Kerajinan Nasional 2024

NTB – Pj. Ketua Dekranasda NTB, Ibu Dessy Hassanudin, bersama Wakil Ketua Dekranasda NTB, Ibu Lale Prayatni Gita Ariadi, menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Tahun 2024 yang diselenggarakan di Auditorium Istana Wakil Presiden RI, Jakarta, pada Selasa (27/08).

Rakernas yang mengusung tema “Perajin Muda, Lestarikan Warisan Budaya” ini dibuka oleh Ketua Umum Dekranas, Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin, dan dihadiri oleh Ketua Dekranasda dari seluruh provinsi di Indonesia.

Dalam rakernas tersebut, dibahas Laporan Pelaksanaan Kerja tahun 2024 serta Program Kerja untuk tahun 2025. Wury Ma’ruf Amin, dalam sambutannya, menekankan peran penting dewan kerajinan nasional di tiap daerah. Ia menyebutkan, “Dewan kerajinan nasional di setiap daerah memiliki peran yang sangat signifikan dalam membimbing dan memotivasi pengrajin lokal, untuk memberikan kontribusi lebih besar dalam melestarikan warisan budaya daerah masing-masing.”

Menurut Wury Ma’ruf Amin, tema rakernas tahun ini relevan dengan upaya melestarikan warisan budaya melalui keterlibatan generasi muda dalam pengembangan produk kerajinan lokal. “Generasi muda diharapkan dapat mendorong dan mengembangkan warisan kerajinan dengan memanfaatkan berbagai sumber daya yang ada,” tambahnya.

Wury Ma’ruf Amin juga menyampaikan bahwa rakernas kali ini merupakan pertemuan besar terakhir. Oleh karena itu, ia berharap program yang telah dilaksanakan oleh Dekranas bisa menjadi pedoman bagi pimpinan Dekranasda di pusat, provinsi, dan kabupaten/kota di masa mendatang. “Program-program yang ada perlu diteruskan dan diperbaharui untuk meningkatkan kinerja Dekranasda di masa depan,” ujarnya.