Pj Gubernur NTB dan Bawaslu NTB Berkolaborasi untuk Menjamin Netralitas ASN Menjelang Pilkada 2024

NTB – Pj Gubernur NTB, Dr. Hassanudin, telah diundang oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) NTB untuk menghadiri acara deklarasi netralitas yang dijadwalkan berlangsung di Hotel Aston Mataram pada hari Senin, 2 September 2024. Undangan tersebut disampaikan oleh Ketua Bawaslu NTB saat audiensi dengan Pj Gubernur di ruang kerja Pendopo, pada Selasa (27/8/24).

Dalam kesempatan tersebut, Pj Gubernur mengajak semua pihak untuk turut mengawal proses kontestasi politik di NTB, sehingga netralitas serta kondisi politik yang aman dan damai dapat terwujud. “Harapan kita adalah agar Pilgub dan Pilkada berlangsung dengan kondisi yang kondusif,” jelas Pj Gubernur NTB.

Mantan penjabat Gubernur Sumut ini juga berharap agar seluruh OPD di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota berpartisipasi dalam menjaga netralitas ASN dan memberikan edukasi politik kepada masyarakat. Dia menekankan bahwa politik seharusnya tidak menjadi ajang perpecahan, melainkan kesempatan untuk merayakan keragaman dan perbedaan. “Pelihara netralitas dan ajarkan kepada masyarakat bahwa keragaman itu indah, serta sambutlah pesta demokrasi ini dengan penuh keceriaan,” tambahnya.

Ketua Bawaslu NTB, Itratip, ST., MT, menyambut baik harapan Pj Gubernur NTB dan menegaskan bahwa Bawaslu NTB siap memberikan yang terbaik dalam menyambut pesta demokrasi di NTB. Ia menghargai komitmen Pj Gubernur dalam penegakan netralitas ASN. “Dengan dukungan dan kerjasama semua pihak, insya Allah, semuanya akan berjalan sesuai harapan kita,” kata Bang Atip, sapaan akrab Ketua Bawaslu NTB.

Bang Atip juga menginformasikan bahwa pada hari Rabu, 28 Agustus 2024, akan ada dua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur NTB yang mendaftar. “Pasangan Zul-Uhel akan mendaftar pada pukul 13.00 dan pasangan Rohmi-Firin pada pukul 14.30, dengan titik kumpul di Islam Center,” tutupnya.