Tuan Rumah Fornas VIII, NTB Luncurkan Maskot Si Mayung

NTB – Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Barat, Hassanudin, memperkenalkan maskot Festival Olahraga Masyarakat Nasional (Fornas) ke-VIII 2025 yang diberi nama Si Mayung, sebagai bagian dari persiapan NTB sebagai tuan rumah acara tersebut.

“Pemerintah provinsi memberikan penghargaan kepada KORMINAS (Komite Olahraga Masyarakat Nasional) karena telah memilih NTB sebagai tuan rumah. Kami berkomitmen untuk mempersiapkan setiap tahap dengan baik sebagai bagian dari reputasi kami,” ungkap Gubernur saat peluncuran maskot dan lagu tema Fornas VIII 2025 di Taman Loang Baloq, Mataram pada Ahad (25/08).

Menurutnya, maskot dan lagu tema Fornas VIII NTB mencerminkan semangat sportifitas, kebersamaan, dan komitmen untuk menjadikan masyarakat NTB lebih sehat dan bugar.

Gubernur juga menambahkan bahwa tema Fornas VIII akan mendongkrak brand sport tourism NTB dan memberikan dampak positif bagi sektor pariwisata dan ekonomi, terutama dengan berbagai acara internasional di destinasi wisata NTB.

Ketua Umum KORMINAS, Hayono Isman, menyatakan bahwa Fornas VIII NTB 2025 bertema “Ayo Olahraga! Bugarkan Indonesia dan Bangkitkan Sports Tourism Menuju Indonesia Emas 2045” yang menggabungkan olahraga dengan wisata.

“Semoga acara ini dapat membangkitkan kembali semangat olahraga masyarakat dan mempromosikan olahraga bersama potensi wisata yang luar biasa,” ujar Hayono.

Ketua KORMINAS NTB, Naufar Furqoni Farinduan, menambahkan bahwa pihaknya siap menyambut 30.000 peserta Fornas tahun depan. Mereka akan bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan untuk memanfaatkan potensi wisata olahraga bahari dan merangsang pariwisata serta olahraga di NTB.

Acara peluncuran ini juga dihadiri oleh Deputi Kemenpar dan KKP, pengurus KORMINAS Pusat, perwakilan olahraga masyarakat dari berbagai kabupaten/kota, serta jajaran pejabat Pemprov NTB.