Habib Fadli: Pernyataan tentang Dukungan Yatofa untuk Iqbal-Dinda Adalah Berita Palsu

LIPUTAN LOMBOK – Relawan Semeton Zul-Uhel dengan tegas membantah kabar yang mengklaim bahwa Yatofa Bodak mendukung pasangan Lalu Muhammad Iqbal dan Indah Dhamayanti Putri (Iqbal-Dinda) dalam Pilgub NTB 2024.

Sekretaris Jenderal Relawan Semeton Zul-Uhel, Lalu Habib Fadli, menegaskan bahwa berita tersebut adalah klaim sepihak yang tidak memiliki dasar. “Isu dukungan itu adalah hoaks. Kunjungan Iqbal hanya agenda silaturahmi; tidak ada pernyataan dari Abah Fadli tentang dukungan untuk Iqbal, apalagi membawa jemaah Yatofa,” kata Lalu Habib Fadli, yang dikenal dengan sapaan Bang Abi, pada Selasa (6/8/2024).

Lalu Habib Fadli menjelaskan bahwa pertemuan antara Iqbal dan TGH Fadli Fadil Tohir, atau Tuan Guru Bodak, bersifat pribadi dan tidak ada yang mengetahui isi percakapan politik mereka. Ia menegaskan bahwa TGH Fadli tetap setia pada dukungannya terhadap TGH Suhaili FT.

Ia juga mengingatkan bahwa TGH Fadli dan TGH Suhaili telah memiliki hubungan dekat sejak 2004. Dukungan Yatofa Bodak selalu ada di belakang Suhaili, baik saat mencalonkan diri sebagai anggota DPRD NTB maupun sebagai Bupati Lombok Tengah. Pada Pilgub NTB 2018, Suhaili yang berpasangan dengan Muhammad Amin juga mendapatkan dukungan dari TGH Fadli.

“Kedekatan Suhaili dengan TGH Fadli sangat jelas. Sebagai seorang king maker, TGH Fadli tidak mungkin meninggalkan adiknya yang selalu bersamanya dalam berbagai kontestasi politik selama 20 tahun terakhir,” ujarnya.

Habib Fadli juga menambahkan bahwa TGH Suhaili memahami karakter TGH Fadli dengan baik. Terbukti ketika Zul meminta Suhaili menjadi wakilnya pada Mei 2024, Suhaili meminta Zulkieflimansyah untuk langsung meminta restu dari TGH Fadli. “Di keluarga besar Bodak, adab adalah hal yang utama,” tutupnya.