Julmansyah dari Nusa Tenggara Barat Meraih Penghargaan Kepemimpinan Hijau dari Kementerian LHK

Jakarta – Prestasi gemilang kembali diraih oleh anak daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi NTB, Julmansyah, M.Ap, berhasil meraih penghargaan Green Leadership Kinerja Pengelolaan Lingkungan Daerah dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Julmansyah dalam acara yang diselenggarakan pada Rabu, 20 Desember 2023, di Jakarta, dan diserahkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Ma’ruf Amin.

Julmansyah meraih penghargaan ini setelah melewati seleksi ketat yang melibatkan 38 daerah di seluruh Indonesia. Dia berbagi prestasi dengan Kepala Dinas LH Provinsi Jawa Timur dan Provinsi Kalimantan Selatan.

Menjelaskan proses seleksi, Julmansyah mengungkapkan, “Awalnya, Kementerian LHK melakukan seleksi dari 38 daerah. Selanjutnya, ada proses presentasi, dan dari hasil presentasi itu terpilih 5 besar Kepala Dinas. Kemudian, dilakukan penilaian presentasi Kepala Dinas secara langsung dan diputuskan 3 besar Green Leadership.”

Penilaian untuk penghargaan Green Leadership 2023 ini berfokus pada dua aspek utama, yaitu kemampuan kolaborasi dan inovasi dalam kepemimpinan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi.

“Salah satu poin penting dan menarik dari kinerja pengelolaan lingkungan hidup NTB oleh para dewan juri kemarin adalah dengan kapasitas fiskal NTB yang rendah, tetapi mampu merespon isu lingkungan dengan berbagai bentuk kolaborasi dan inovasinya,” jelas Julmansyah.

Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Alue Dohong, menyampaikan dalam sambutannya, “Anugerah Lingkungan Proper dan Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah 2023 merupakan penghargaan atas kinerja dunia usaha dalam pengelolaan lingkungan usaha Eco Inovasi dan kepemimpinan lingkungan atau Clean Leadership.”

Program Proper (Penilaian Prestasi Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup) merupakan inisiatif yang telah berlangsung selama 27 tahun dan terus melakukan perbaikan. Pada tahun 2023, program ini meraih penghargaan “Top Five Outstanding Achievement of Public Service Innovation Awards” dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia. Prestasi ini semakin menegaskan komitmen NTB dalam pengelolaan lingkungan dan inovasi dalam pelayanan publik.