Kolaborasi Sukses, Pemprov NTB dan BPS NTB Bangun NTB Satu Data, Doktor Najam Memberikan Apresiasi

Pada hari Selasa (6/12), Doktor Najam, Kepala Dinas Kominfotik Provinsi NTB, mengungkapkan apresiasinya terhadap kerjasama positif antara BPS NTB dan Pemprov NTB dalam upaya membangun NTB Satu Data. Pernyataan tersebut disampaikannya saat menghadiri Rapat Koordinasi Daerah (RAKORDA) ST2023 yang diadakan oleh BPS NTB di Hotel Aruna Senggigi.

Doktor Najam juga menyoroti bahwa Pemerintah NTB meraih penghargaan ANINDITA WISTARA DATA dari BPS RI sebagai hasil dari Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) Tahun 2023, yang tak terlepas dari dukungan dan bantuan yang diberikan oleh BPS NTB.

“Didepan Kepala BPS NTB dan stafnya, termasuk di hadapan Kepala BPS Kab/Kota se-NTB, atas nama Pemerintah Provinsi NTB, saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas sinergi serta kolaborasi yang telah terjalin dengan BPS NTB,” ungkap Doktor Najam saat mendampingi Drs. Wahyuddin, MM, Kepala BPS NTB dalam Rakorda BPS se-NTB di Hotel Aruna Senggigi.

Hingga bulan November 2023, Portal NTB Satu Data telah mengakumulasi lebih dari 1,7 juta kunjungan selama Tahun 2023. Kunjungan ke portal NTB Satu Data terus meningkat, mencapai 242 ribu kunjungan pada tahun 2020, 770 ribu kunjungan pada tahun 2021, 1,1 juta kunjungan pada tahun 2022, dan mencapai 1,7 juta kunjungan pada tahun 2023. Ke depannya, NTB Satu Data akan mengalami pengembangan dengan cara memperkuat regulasi, memperkaya daftar data daerah, memperbarui portal NTB Satu Data, meningkatkan nilai kematangan assessment SDI, dan meningkatkan capaian EPSS.

Penghargaan ANINDITA WISTARA DATA ini menambah koleksi capaian Pemprov NTB melalui Diskominfotik NTB, sebelumnya Diskominfotik NTB telah mendapatkan penghargaan berupa:

  1. Indeks SPBE NTB mendapatkan predikat 8 Besar Nasional (Menpan RB RI)
  2. Indeks PSE mendapatkan predikat Terbaik 2 Nasional (MenKominfoRI)
  3. Indeks Pembangunan Stattistik mendapatkan predikat Terbaik 3 Nasional (BPS RI)
  4. Indeks Keterbukaan Informasi Publik/IKIP mendapatkan predikat Terbaik 4 Nasional (KI Pusat)
  5. Pemda Peduli Penyiaran (6 Pemprov se Indonesia).
  6. Mengawal pengembangan 62 Aplikasi layanan Publik dalam hub Command Center sebagai inovasi mendukung Pemprov NTB raih Provinsi Terinovatif (Litbang Kemendagri).