Doktor Najam, Kadis Kominfotik NTB, Menjelaskan Peran Command Center kepada Tim Kunjungan Kerja Pemda Sukoharjo.

Pengelolaan informasi publik oleh Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Nusa Tenggara Barat (NTB) serta keberadaan layanan Command Center oleh Unit Pelayanan Teknis (UPT) Layanan Digital menjadi pedoman dalam kebijakan pemerintah provinsi. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kominfotik saat menerima kunjungan presstour dari Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

“Dinas Kominfotik memberikan layanan informasi kepada masyarakat dan juga mengelola data untuk mendukung pengambilan kebijakan oleh pimpinan daerah,” ungkap Doktor Najam di Command Center NTB, kantor Gubernur, pada hari Selasa (07/11).

Dijelaskan bahwa dalam penyediaan informasi, Tim Media Kominfotik memiliki tim peliputan, tim reaksi cepat, dan tim highlight media untuk mendukung pengelolaan informasi. Data ini kemudian diolah oleh command center dan diperkaya dengan data lapangan dari kabupaten/kota serta laporan media massa terkait kegiatan pimpinan.

Pada kunjungan presstour di Kabupaten Sukoharjo, Doktor Najam juga memaparkan strategi penyebarluasan informasi melalui media sosial dan kerjasama dengan media massa online dan offline sebagai mitra pemerintah provinsi.

Ibu Nani, seorang peserta presstour dan jurnalis KompasTV, mengungkapkan bahwa upaya yang dilakukan oleh Dinas Kominfotik NTB sangat menarik. “Saya melihat hal ini sangat menarik dan layak ditiru oleh Pemkab Sukoharjo,” ujarnya.

Dia menambahkan bahwa pola analisis isu dan rekapitulasi pemberitaan media akan membantu Pemkab dalam mengelola pola komunikasinya, sebagaimana yang telah dilakukan oleh Pemprov NTB. Ia berharap hasil positif dari presstour ini dapat segera diusulkan kepada Pemkab.

Pada presstour Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah, turut hadir Asisten III Pemkab Jawa Tengah, Sekdis Kominfo, dan Kabag Prokopim sebagai peserta presstour.