“Miq Gita, Pj Gubernur NTB, Dianugerahi Penghargaan KPI 2023 atas Kepekaan Pemda terhadap Penyiaran”

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) baru-baru ini berhasil meraih penghargaan Anugerah KPI 2023 dalam kategori “Pemerintah Daerah Peduli Penyiaran” dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat. Dari enam provinsi yang mendapatkan penghargaan tersebut, NTB berhasil menyematkan namanya bersama dengan Banten, Kalimantan Timur, Lampung, Bengkulu, dan Sulawesi Selatan.

Acara penyerahan penghargaan berlangsung pada Minggu, 26 November 2023, di Grand Ballroom Ayana Midplaza, Jakarta. Penerima penghargaan adalah Pelaksana Tugas (Pj) Gubernur NTB, Drs. Lalu Gita Ariadi, M.Si, yang menerima langsung anugerah tersebut dari tangan Ketua KPI Pusat, Ubaidillah.

Pj. Gubernur NTB, Miq Gita, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada KPI Pusat atas apresiasi terhadap kinerja pemerintah daerah. Ia juga mengungkapkan penghargaan untuk Ketua, Wakil Ketua, dan seluruh Komisioner KPID NTB yang berkolaborasi menghasilkan inovasi berupa “Buku Pedoman Desa Peduli Penyiaran.” Proses penyusunan buku ini melibatkan akademisi dari Unram dan UIN Mataram, praktisi lembaga penyiaran, serta Dinas Kominfotik NTB.

Miq Gita menekankan bahwa inovasi tersebut merupakan upaya melibatkan Kepala Desa dan masyarakat dalam mengawasi isi dan konten siaran radio dan televisi. Tujuannya adalah menciptakan siaran dan konten yang sehat, inspiratif, edukatif, dan berkualitas tinggi di tingkat lokal.

Ketua KPID NTB, Ajeng Roslinda Motimori, juga turut berterima kasih kepada Pemprov NTB, baik dari Eksekutif maupun Legislatif, sebagai mitra utama dalam memberikan dukungan infrastruktur dan anggaran bagi keberlangsungan KPID di NTB.

Dalam kesempatan tersebut, Kadis Kominfotik NTB, Dr. Najamuddin Amy, menjelaskan dukungan kelembagaan yang maksimal dari Pemprov NTB kepada KPID. Ia menyebutkan beberapa bentuk dukungan, termasuk peningkatan anggaran dan fasilitas kantor mandiri. Bang Najam juga menyoroti Inovasi “Desa Peduli Penyiaran” yang melibatkan Pemdes dan masyarakat desa dalam melakukan Pengawasan Partisipatif terhadap isi dan konten siaran.

Dengan diterimanya penghargaan ini, diharapkan semangat Pemprov NTB dalam menyajikan siaran yang berkualitas kepada masyarakat dapat terus berkembang dan memberikan dampak positif.