“Kemitraan Berdaya: Pemprov NTB Menggelar Pameran Beasiswa Terbesar Bersama Multipihak”

Mataram – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengambil langkah cepat dalam persiapan calon awardee dengan menyelenggarakan World Indonesia Scholarship Festival (WISH) atau Festival Melek Masa Depan. Kerjasama antara Pemerintah Provinsi NTB, BRIDA NTB, Indonesia Scholarship Center (ISC), LPP NTB, dan Universitas Mataram akan memajukan pameran beasiswa terbesar ini di Auditorium M. Yusuf Abubakar Universitas Mataram pada tanggal 25 November.

Menurut Penjabat Kepala BRIDA Provinsi NTB, Lalu Suryadi, kegiatan ini bukan hanya festival pendidikan, beasiswa, dan karier terbesar di Indonesia, tetapi juga simbol harapan untuk mewujudkan pemerataan kesempatan beasiswa, pendidikan, dan karier di seluruh Indonesia, khususnya di NTB.

“Pameran ini direncanakan akan dihadiri oleh 8.000 peserta dari berbagai lapisan masyarakat, termasuk mahasiswa, pelajar SLTA/SMK/MA. Kami akan menghadirkan narasumber dari berbagai lembaga, mulai dari perwakilan pemerintah, lembaga luar negeri, korporasi, yayasan, organisasi pendidikan, hingga dunia usaha dan industri,” ungkap Suryadi.

Penjabat Gubernur NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, MSi, menyatakan bahwa pameran beasiswa terbesar ini merupakan bentuk keseriusan Pemerintah Provinsi NTB dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui program beasiswa yang lebih kredibel. Dua strategi besar sedang disiapkan, yaitu menggandeng mitra kolaborasi sebanyak mungkin dan mempersiapkan mahasiswa agar memenuhi kriteria sponsor atau lembaga pendidikan.

“Strategi ini mencakup kolaborasi serius dengan mitra yang siap membiayai studi anak-anak NTB yang berprestasi untuk level S1, S2, hingga S3 baik dalam maupun luar negeri,” jelas Lalu Gita Ariadi.

Lebih lanjut, PJ Gubernur NTB menjelaskan alokasi belanja untuk mendukung beasiswa ini akan berbasis pada kewenangan, dengan fokus pada peningkatan kapasitas Bahasa Asing lulusan SMA/SMK agar memenuhi standar TOEFL, IELTS, atau persyaratan sponsor lainnya. Upaya ini diharapkan dapat melahirkan generasi emas yang mampu membawa NTB maju dan melaju.

PJ Gubernur NTB menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam mensukseskan pameran pendidikan ini. Pameran ini diharapkan menjadi momentum penting untuk mendorong pertumbuhan SDM unggul di NTB.