“Langkah Awal Pembenahan: Pj Gubernur NTB Menandatangani Nota Kesepakatan KUA dan PPAS APBD 2024”

Mataram – Penjabat Gubernur NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, menandatangani nota kesepakatan Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD Tahun Anggaran 2024 dalam rapat paripurna DPRD Provinsi NTB di ruang rapat utama Gedung DPRD NTB pada Senin (20/11/23).

Dalam kesempatan itu, Miq Gita, sapaan akrabnya, menyoroti tantangan besar yang akan dihadapi dalam waktu dekat terkait momentum politik pesta demokrasi, seperti Pilpres, Pemilukada, dan pemilihan legislatif yang akan menyita perhatian dan tenaga pikiran sebagai penyelenggara pemerintahan di NTB.

“Kita semua wajib mengupayakan kontestasi politik ini berjalan dengan lancar, aman, dan damai,” ungkap Miq Gita.

Meskipun dihadapkan pada dinamika politik yang intens, Gita menegaskan bahwa pemerintah tetap berkomitmen untuk melanjutkan pembangunan daerah di sektor-sektor lain sesuai dengan target yang telah ditetapkan dalam rencana pemerintah daerah 2024-2026. Fokus utama tahun depan, kata Mantan Sekda NTB tersebut, adalah mendorong pembangunan sumber daya manusia dan lingkungan, meningkatkan produktivitas, meningkatkan daya saing daerah, serta mengurangi tingkat kemiskinan.

“Penandatanganan nota kesepakatan KUA-PPAS APBD tahun 2024 adalah tugas bersama untuk memastikan tercapainya pertumbuhan ekonomi, akses pendidikan yang terjangkau, penciptaan lapangan kerja, serta pemenuhan gizi yang cukup demi terwujudnya kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Pemerintah Provinsi NTB berkomitmen untuk terus mengawal rencana pembangunan dengan semaksimal mungkin, meskipun dihadapkan pada dinamika politik yang semakin mendekat. Fokus pada pembangunan sumber daya manusia dan lingkungan menjadi tonggak penting dalam upaya mencapai kemajuan dan kesejahteraan yang berkelanjutan bagi masyarakat NTB.