“Desa Kawo Jadi Perwakilan NTB dalam Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik”

Desa Kawo, yang terletak di Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, membanggakan Provinsi NTB sebagai perwakilan terbaik dalam Apresiasi Keterbukaan Informasi Publik Desa Tingkat Nasional Tahun 2023. Pada Senin, 13 November 2023, tim visitasi yang terdiri dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Bappenas, Kementerian Dalam Negeri, dan Komisi Informasi Pusat secara langsung menilai pencapaian Desa Kawo.

Wakil Bupati Lombok Tengah, Dr. H.M. Nursiah, S.Sos., M.Si, menyambut tim visitasi dengan memberikan komitmen kuat terhadap keterbukaan informasi publik di tingkat desa dan kabupaten. Dia mengungkapkan bahwa persiapan Desa Kawo untuk visitasi ini melibatkan semua lapisan masyarakat dan pejabat setempat. Wakil Bupati berharap keberhasilan Desa Kawo akan menjadi inspirasi bagi desa-desa lain di Kabupaten Lombok Tengah.

Wakil Bupati juga menyoroti peran Diskominfo Kabupaten Lombok Tengah dalam membina Desa Kawo, yang telah menunjukkan kesuksesan dalam mengembangkan tingkat keterbukaan informasi publik. Komisioner Komisi Informasi Pusat, Samrotunnajah Ismail, menyatakan bahwa dukungan dari berbagai instansi, termasuk Kementerian Desa dan Bappenas, menjadi kunci keberhasilan kegiatan apresiasi ini.

Dalam sesi penilaian, perwakilan Desa Kawo, termasuk kepala desa, sekretaris desa, pendamping desa, dan PPID desa, memberikan paparan tentang kebijakan dan implementasi keterbukaan informasi publik. Desa Kawo menunjukkan komitmen tinggi dengan membentuk regulasi, menganggarkan dana, dan melibatkan pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID) desa Kawo.

Sekretaris Desa, Mariono, menekankan transparansi pemerintah desa, di mana semua informasi keuangan dan pembangunan dapat diakses melalui website desa Kawo. Keberhasilan Desa Kawo tidak hanya diapresiasi sebagai prestasi lokal tetapi juga diharapkan menjadi model untuk desa-desa lain dalam mengembangkan keterbukaan informasi publik.

Turut hadir dalam acara tersebut Komisioner KI Provinsi NTB, Suaeb, S.HI, Asrarudin, S.AP dari KI Provinsi NTB, dan Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik (IKP) Diskominfotik NTB, Drs. Harun Alrasyid. Desa Kawo diharapkan dapat menjadi pionir dalam mendorong transparansi, akuntabilitas, dan good governance di tingkat desa, memberikan inspirasi bagi daerah lain untuk mengikuti jejaknya.