“NTB Memimpin sebagai Tuan Rumah Kejurnas Taekwondo: Event Olahraga Berkualitas Tinggi”

Nusa Tenggara Barat (NTB) telah memperlihatkan kemampuan dan dedikasinya dalam dunia olahraga dengan menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional Taekwondo antar PPLP/PPLPD/SKO 2023. Event olahraga prestisius ini berlangsung dari tanggal 5 hingga 9 November di GOR 17 Desember Turida dan diikuti oleh 197 atlet berbakat dari 16 propinsi di seluruh Indonesia.

Pembukaan Kejurnas Taekwondo tersebut diawali oleh Penjabat Gubernur NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si, yang diwakili oleh staf ahli bidang sosial kemasyarakatan, H. Izzudin Mahili. Dalam sambutannya, Izzudin menekankan bahwa event ini memiliki peran ganda sebagai ajang pencarian bakat atlet Taekwondo sekaligus pembinaan mereka.

“Kejuaraan nasional ini tidak hanya tentang pengukuran prestasi atlet, tetapi juga merupakan langkah penting dalam pembinaan menuju PON 2028,” kata Izzudin.

Dr. Bayu Rahadian, Asisten Deputi Bidang Peningkatan Olahraga Prestasi dari Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, menjelaskan pentingnya kompetisi ini dalam mencari dan mengembangkan bakat-bakat yang akan menjadi pilar pembinaan atlet berprestasi, terutama dalam persiapan Olimpiade Prancis 2024.

“Kami sangat mengapresiasi komitmen NTB sebagai tuan rumah Kejurnas ini dan berharap bahwa kompetisi ini akan melahirkan potensi atlet-atlet dunia di cabang olahraga Taekwondo,” ungkapnya.

Selama tiga tahun terakhir, provinsi Maluku menjadi tuan rumah Kejurnas Taekwondo, dan NTB kini mengambil alih tugas ini. Selain menjadi tuan rumah, Kemenpora juga menjalin kerjasama khusus dengan Universitas Dhyana Pura (Undikma) dalam melatih dan mencari atlet usia dini, menunjukkan upaya serius untuk mengembangkan talenta-talenta muda.

Letjen TNI Richard Taruli Horja Tampubolon, Ketua Umum Pengurus Besar Taekwondo Indonesia, menegaskan bahwa Kejurnas Taekwondo tidak hanya mencari prestasi, tetapi juga mengedepankan nilai-nilai persaudaraan dan persatuan dalam dunia olahraga.

Acara pembukaan juga dihadiri oleh Kadispora NTB, Ketua KONI NTB, para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan pengurus Pengurus Besar Taekwondo Indonesia sebagai peserta Kejurnas. Semangat dan semaraknya event ini mencerminkan NTB sebagai tuan rumah yang siap untuk menggelar event olahraga berkelas dunia.