“Langkah Konkret: Pemprov NTB dan Northern Territory Australia Sepakat Rencana Aksi Bersama”

Mataram – Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si, turut hadir dalam sebuah acara makan malam bersama Tim Kerja Pemerintah Northern Territory Australia, yang juga disertai dengan penandatanganan bersama Rencana Aksi (Plan of Action). Acara ini berlangsung di Pendopo Gubernur NTB pada Minggu, 5 November.

Dalam kesempatan tersebut, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, atau yang akrab disapa Miq Gite, menyampaikan harapannya bahwa kerjasama yang akan terjalin antara NTB dan Pemerintah Northern Territory Australia akan memberikan kontribusi yang saling menguntungkan. Miq Gite mengutamakan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai fokus utama kerjasama.

“Dalam hal ini kami konsen untuk bekerja sama dalam peningkatan kapasitas SDM, pendidikan untuk memberikan kesempatan terbaik bagi putra-putri NTB, program beasiswa dari pemerintah, atau kegiatan lain yang meningkatkan kapasitas SDM,” ungkap Miq Gite.

Selain itu, Miq Gite juga menyoroti sektor pengembangan ekonomi, pengelolaan pariwisata, peternakan, dan perdagangan sebagai bidang-bidang yang bisa mendapat manfaat dari kerjasama yang semakin diperdalam.

“Berbagai komoditas yang dapat dihasilkan di NTB mungkin tidak tersedia di Kota Darwin, atau sebaliknya, kita bisa melakukan perdagangan yang saling menguntungkan satu sama lain,” kata Miq Gite.

Miq Gite juga mencatat bahwa berbagai program yang sudah dirintis oleh Gubernur NTB periode 2018-2023, Dr. H. Zulkieflimansyah, bersama Pemerintah Northern Territory Australia, akan terus memberikan dampak positif. Sebagai Penjabat Gubernur, ia berkomitmen untuk melanjutkan inisiatif dan program-program yang telah diluncurkan, memastikan bahwa segala upaya untuk kemajuan NTB akan terus dikejar.

“Dalam kapasitas saya sebagai Penjabat Gubernur, saya ingin meneruskan program-program yang sudah dirintis oleh Gubernur sebelumnya yang sangat akrab dengan kondisi di Darwin. Semua inisiatif yang telah kami jalankan, kami yakin akan memberikan dampak positif, dan kami akan berjuang untuk melanjutkannya,” tegasnya.

Sementara itu, Mr. The Hon Ngaree Ah Kit, salah seorang anggota tim kerja dari Northern Territory Australia, sangat terkesan dengan perkembangan positif yang telah dicapai oleh Provinsi NTB. “Kami sangat senang dan kagum dengan kemajuan yang telah diraih NTB dalam berbagai aspek,” katanya.

Acara penting ini juga dihadiri oleh beberapa perwakilan tim kerja lainnya, seperti Lynley Rich, Martin Reilly, Mr. Shaun Drabsch, Luis Da Rocha, Larnie Batten, dan Mr. David Orr. Kesatuan pandangan dan semangat kerjasama yang terpancar dalam pertemuan ini menjadi landasan kuat bagi kerjasama antara NTB dan Northern Territory Australia untuk mencapai tujuan bersama yang lebih baik di masa depan.