PJ Gubernur NTB dan TNI Dukung Gerakan Nasional Ketahanan Pangan

Mataram – Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Barat, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si, bersama dengan anggota TNI dan Kelompok Tani Karya Makmur, turut berpartisipasi dalam Kegiatan Video Conference (Vidcon) Gerakan Nasional Ketahanan Pangan (Hanpangan) TNI tahun 2023, yang melibatkan Wakil Presiden RI. Kegiatan ini diadakan di Asrama Lanud ZAM, Kelurahan Rembiga, Mataram pada Rabu, 1 November 2023.

Dalam kesempatan tersebut, PJ Gubernur Miq Gite meminta kepada semua pihak untuk mendukung Gerakan Nasional Ketahanan Pangan (Hanpangan) demi mencapai kesejahteraan bersama. Hanpangan merupakan inisiatif penting untuk menjaga ketahanan pangan nasional.

Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, menggarisbawahi pentingnya tidak membiarkan lahan pertanian terbengkalai dan masyarakat menganggur. Ia meminta agar TNI peka terhadap situasi dunia yang sedang menghadapi krisis pangan. Menurut Wapres, ketahanan pangan adalah masalah vital yang dapat memengaruhi stabilitas bangsa Indonesia.

“Saya meminta seluruh anggota TNI memiliki naluri, kesadaran, dan kepekaan terhadap isu ketahanan pangan. Karena masalah pangan adalah masalah dasar yang sangat penting dan menjadi penentu stabilitas bangsa,” tegas Ma’ruf Amin.

Kolonel Penerbang Erwin Sugiandi, M. Han., menjelaskan bahwa di Lanud ZAM terdapat lahan ketahanan pangan seluas 32 hektar, dengan perkiraan hasil panen sekitar 8 ton per hektar. Hasil panen tersebut dibeli langsung oleh perusahaan swasta, sehingga harga hasil panen tetap tinggi dan memberikan manfaat langsung bagi Lanud ZAM dan masyarakat sekitarnya.

Gerakan Nasional Ketahanan Pangan tahun 2023 yang diinisiasi oleh TNI dilaksanakan serentak di 384 lokasi di seluruh Indonesia. Ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Tentara Nasional Indonesia tahun 2023. Gerakan ini bertujuan untuk memperkuat ketahanan pangan nasional dan mengatasi tantangan krisis pangan yang mungkin muncul di masa depan.