“Pj Gubernur NTB, Miq Gite, Menerima Penghargaan dari Kominfo RI, dalam Pemanfaatan Sistem Elektronik”

NTB (Liputan Lombok) – Pemerintah Provinsi NTB meraih penghargaan sebagai instansi paling aktif dalam Pendaftaran Sistem Elektronik Lingkup Publik di tingkat Provinsi di seluruh Indonesia.

Penghargaan ini diterima oleh Pj Gubernur NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si., dan diserahkan dalam Rakornas Kolaborasi Implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) oleh Kementerian Kominfo RI. Acara ini berlangsung di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta pada Selasa, 17 Oktober 2023.

Dalam konteks regulasi SPBE, Pemprov NTB melalui Dinas Kominfotik NTB telah aktif dalam pelaksanaan registrasi dan evaluasi sistem elektronik (aplikasi) sejak tahun 2016. Hingga saat ini, Dinas Kominfotik telah melakukan pendataan aplikasi yang dimiliki oleh semua perangkat daerah di lingkungan Pemprov NTB.

Data aplikasi yang terkumpul diinputkan ke dalam aplikasi pendaftaran elektronik dan repositori pemerintah yang dapat diakses di https://pse.layanan.go.id.

“Totalnya, hingga tahun 2022, terdapat 213 aplikasi yang telah terdaftar di aplikasi PSE,” jelas Dr. Najamuddin Amy, S.Sos., M.M., yang merupakan Kepala Dinas Kominfotik NTB.

Selain Provinsi NTB, penghargaan serupa juga diberikan kepada Provinsi Jawa Tengah yang menduduki peringkat ketiga, NTB di peringkat kedua, dan Jawa Barat yang menjadi peringkat pertama.