Rekor Penonton MotoGP Mandalika Melebihi Tahun Sebelumnya, Penonton MotoGP Mandalika Membludak, Aman dan Sukses

Senin, 16 Oktober 2023

Jumlah penonton dalam balapan Pertamina Grand Prix of Indonesia (IndonesianGP) 2023 di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, mengalami peningkatan signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pada tahun ini, sebanyak 102.929 penonton hadir, mengungguli jumlah penonton sebanyak 102.801 pada penyelenggaraan selama 3 hari pada tahun sebelumnya.

Ari Respati, Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation ITDC, menyampaikan hal ini di Sirkuit Mandalika pada tanggal 15 Oktober 2023. Kenaikan jumlah penonton dalam ajang MotoGP ini diyakininya dapat memberikan dampak positif pada ekonomi nasional yang melebihi pencapaian tahun sebelumnya.

“Akhirnya, kami merasa sangat bersyukur karena acara Indonesian GP 2023 berjalan lancar, meriah, dan penuh antusiasme. Kami bangga melihat bahwa tahun ini, penonton lebih menikmati balapan dan terdapat lebih sedikit keluhan. Kami yakin dampak ekonomi nasional yang dihasilkan dari ajang MotoGP™ akan melampaui pencapaian tahun sebelumnya, yakni melebihi Rp 4,5 triliun,” ungkapnya.

Ari menjelaskan bahwa keberhasilan MotoGP 2023 ini tidak lepas dari persiapan yang matang dan kerja keras dari semua pihak terkait. ITDC, bersama dengan Mandalika Grand Prix Association (MGPA), telah melakukan persiapan dan perbaikan baik di dalam maupun di luar kawasan Pertamina Mandalika International Circuit untuk memberikan pengalaman menonton yang optimal bagi para penonton.

Langkah-langkah persiapan tersebut termasuk pembangunan dan perbaikan infrastruktur jalan selama 35 km, penyediaan 7.888 kantong parkir (mobil dan sepeda motor), pengaturan pintu masuk ke kawasan sirkuit, penyediaan layanan transportasi, serta pengaturan lalu lintas guna mempermudah akses bagi penonton event Indonesian GP 2023.

“Kami juga menggandeng lebih banyak UMKM dan bakat-bakat lokal dari NTB untuk meriahkan acara ini. Lebih dari 300 UMKM NTB ikut terlibat dalam event ini. Hasilnya, acara tahun ini lebih meriah, lebih seru, dan berjalan lebih lancar dibandingkan dengan tahun sebelumnya,” tambahnya.